Tournament E-Sports |
kali ini saya akan berbagi info tentang sekilas tentang e-sport
tersebut. Di Indonesia sendiri, e-sport udah lama masuk, cuma untuk
beberapa orang ataupun gamers, masih asing dengan kata tersebut. E-sport
merupakan cabang olahraga elektronik yang didukung oleh IeSPA
(Indonesia eSports Association). Struktur dan tingkatan pertandingannya
sama seperti pada cabang olahraga biasanya, bedannya para atlet e-sport
tidak bertanding secara fisik tapi lebih mementingkan strategi dan
dipertandingkan secara online melalui komputer sehingga masing-masing
tim dapat bertanding tanpa bertatap muka.
IeSPA merupakan bagian dari FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat
Indonesia). FORMI sendiri merupakan federasi yang telah diakui oleh
Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), dan KONI (Komite Olahraga
Nasional Indonesia), maupun KOI (Komite Olahraga Indonesia)
IeSPA
(Indonesia e-Sports Association) atau Asosiasi e-Sports Indonesia
dimulai dari sebuah ide dan gagasan terinspirasi dari perkembangan
industri e-Sports di dunia yang berkembang dengan pesat sejak tahun
2000-an. Kegiatan gaming yang awalnya hanya sekedar hobi berkembang
menjadi sebuah industri yang menjanjikan bagi seluruh stakeholders
didalamnya.
Pentingnya sebuah asosiasi yang mewadahi komunitas dan stakeholders lainnya menjadi sangat penting saat ini. Di beberapa negara yang industri e-Sportsnya sudah maju seperti Swedia, Taiwan, China, Korea, Singapore, asosiasi e-sports di negara tersebut sepenuhnya didukung oleh pemerintah negara melalui berbagai kementerian. Oleh karena fakta tersebut, IeSPA didirikan dan sepenuhnya kami merasa perlu mencari dukungan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai pelindung melalui FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) sebagai pembina.
IeSPA paling tepat berada dibawah FORMI dikarenakan bidang e-Sports merupakan salah satu kegiatan rekreasi bagi masyarakat. IeSPA kedepannya akan menjadi wadah resmi satu-satunya bagi komunitas dan stakeholders di bidang e-sports, yang diakui dan dilindungi oleh pemerintah untuk memajukan industri e-sports di Indonesia melalui penyelenggaraan event pertandingan, workshop, seminar,dll.
Selain telah didukung oleh FORMI, IeSPA saat ini juga telah menjadi anggota IeSF (International e-Sports Federation). Setiap ada event dan pertemuan yang diadakan oleh IeSF, IeSPA akan diikutsertakan dan bisa berpartisipasi dengan mengirimkan delegasi untuk mengikuti cabang-cabang e-sports yang dipertandingkan secara internasional.
Saat ini IeSPA masih dalam tahap audiensi dengan pihak KOI (Komite Olimpiade Indonesia), untuk mencari dukungan memasukkan e-sports sebagai salah satu cabang olahraga yang diakui untuk olimpiade.
Pentingnya sebuah asosiasi yang mewadahi komunitas dan stakeholders lainnya menjadi sangat penting saat ini. Di beberapa negara yang industri e-Sportsnya sudah maju seperti Swedia, Taiwan, China, Korea, Singapore, asosiasi e-sports di negara tersebut sepenuhnya didukung oleh pemerintah negara melalui berbagai kementerian. Oleh karena fakta tersebut, IeSPA didirikan dan sepenuhnya kami merasa perlu mencari dukungan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai pelindung melalui FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) sebagai pembina.
IeSPA paling tepat berada dibawah FORMI dikarenakan bidang e-Sports merupakan salah satu kegiatan rekreasi bagi masyarakat. IeSPA kedepannya akan menjadi wadah resmi satu-satunya bagi komunitas dan stakeholders di bidang e-sports, yang diakui dan dilindungi oleh pemerintah untuk memajukan industri e-sports di Indonesia melalui penyelenggaraan event pertandingan, workshop, seminar,dll.
Selain telah didukung oleh FORMI, IeSPA saat ini juga telah menjadi anggota IeSF (International e-Sports Federation). Setiap ada event dan pertemuan yang diadakan oleh IeSF, IeSPA akan diikutsertakan dan bisa berpartisipasi dengan mengirimkan delegasi untuk mengikuti cabang-cabang e-sports yang dipertandingkan secara internasional.
Saat ini IeSPA masih dalam tahap audiensi dengan pihak KOI (Komite Olimpiade Indonesia), untuk mencari dukungan memasukkan e-sports sebagai salah satu cabang olahraga yang diakui untuk olimpiade.
Dengan resminya IeSPA di mata pemerintah, para gamer kompetitif bisa
lebih yakin hobi (atau bahkan profesi untuk beberapa orang) mereka ini
akan mendapatkan dukungan lebih dari pemerintah.Genre permainan yang
paling umum dengan e-sport ini adalah real-time strategy (RTS),
fighting, first person shooting (FPS), massively-multiplayer online
(MMOG), dan racing. Permainan yang dimainkan secara kompetitif pada
tingkat amatir, semi-profesional dan professional. Beberapa game yang
saat ini menjadi pilihan gamers Indonesia adalah Hon, League of Legend,
DotA, PointBlank, Counter Strike Online, dan masih banyak lagi.
Kalo udah ada yang kayak gini pasti kompetisi game akan semakin banyak
diadakan. Jadi, tunjukkan kemampuan kalian bisa sebagai gamer kompetitif
yang membanggakan nama Indonesia.
berikut event-event E-sport yang diadakan secara nasional :
Sumber : Klik Di Sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar